Tuesday 7 January 2014

PERKEMBANGAN DAN TOKOH-TOKOH PSIKOLINGUISTIK

Tahukah Anda bahwa bahasa sebagai objek, studi ternyata menarik minat berbagai pakar dari berbagai disiplin ilmu. Banyak pakar psikologi yang tertarik untuk mempelajari bahasa secara mendalam. Namun, sebaliknya banyak pakar linguistik yang juga harus belajar psikologi agar pemahamannya tentang bahasa sebagai objek kajiannya semakin menjadi baik. Hal itu tidak mengherankan karena bahasa memang dapat menjadi kajian psikologi dan jelas dapat menjadi kajian linguistik. Oleh sebab itu, pakar dari kedua disiplin itu kemudian bersamasama menjadikan bahasa sebagai objek studinya.

Sejak zaman Panini dan Socrates (Simanjuntak, 1987) kajian bahasa dan berbahasa banyak dilakukan oleh sarjana yang berminat dalam bidang ini. Pada masa lampau ada dua aliran yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologi dan linguistik. Aliran yang pertama adalah aliran empirisme (filsafat postivistik) yang erat berhubungan dengan psikologi asosiasi. Aliran empirisme cenderung mengkaji bagianbagian yang membentuk suatu benda sampai ke bagianbagiannya yang paling kecil dan mendasarkan kajiannya pada faktorfaktor luar yang langsung dapat diamati. Aliran ini sering disebut sebagai kajian yang bersifat atomistik dan sering dikaitkan dengan asosianisme dan positivisme.


Aliran yang kedua adalah rasionalisme (filsafat kognitivisme) yang cenderung mengkaji prinsipprinsip akal yang bersifat batin dan faktor bakat atau pembawaan yang bertanggung jawab mengatur perilaku manusia. Aliran ini mengkaji akal sebagai satu kesatuan yang utuh dan menganggap batin atau akal ini sebagai faktor yang penting untuk diteliti guna memahami perilaku manusia. Oleh sebab itu, aliran ini dianggap bersifat holistik dan dikaitkan dengan nativisme, idealisme, dan mentalisme.


Jauh sebelum psikolinguistik berdiri sendiri sebagai disiplin ilmu sebenarnya telah banyak dirintis kerja sama dalam bidang linguistik yang memerlukan psikologi dan sebaliknya kerja sama dalam bidang psikologi yang membutuhkan linguistik. Hal itu tampak, misaInya sejak zaman Wilhelm von Humboldt, seorang ahli linguistik berkebangsaan Jerman yang pada awal abad 19 telah mencoba mengkaji hubungan bahasa dengan pikiran. Von Humboldt memperbandingkan tata bahasa dari bahasa yang berbeda dan memperbandingkan perilaku bangsa penutur bahasa itu. Hasilnya menunjukkan bahwa bahasa menentukan pandangan masyarakat penuturnya. Pandangan Von Humboldt itu sangat dipengaruhi oleh aliran rasionalisme yang menganggap bahasa bukan sebagai satu bahan yang siap untuk dipotongpotong dan diklasifikasikan seperti anggapan aliran empirisme. Tetapi, bahasa itu merupakan satu kegiatan yang mempunyai prinsip sendiri dan bahasa manusia merupakan variasi dari satu tema tertentu.

Pada awal abad 20, Ferdinand de Saussure (1964) seorang ahli linguistik bangsa Swis telah berusaha menjelaskan apa sebenarnya bahasa itu dan bagaimana keadaan bahasa itu di dalam otak (psikologi). Dia memperkenalkan konsep penting yang disebutnya sebagai langue (bahasa), parole (bertutur) dan langage (ucapan). De Saussure menegaskan bahwa objek kajian linguistik adalah langue, sedangkan parole adalah objek kajian psikologi. Hal itu berarti bahwa apabila kita ingin mengkaji bahasa secara tuntas dan cermat, selayaknya kita menggabungkan kedua disiplin ilmu itu karena pada dasarnya segala sesuatu yang ada pada bahasa itu bersifat psikologis.

Edward Sapir seorang sarjana Linguistik dan Antropologi Amerika awal abad ke20 telah mengikutsertakan psikologi dalam kajian bahasa. Menurut Sapir, psikologi dapat memberikan dasar yang kuat bagi kajian bahasa. Sapir juga telah mencoba mengkaji hubungan bahasa dengan pikiran. Simpulannya ialah bahasa itu mempengaruhi pikiran manusia. Linguistik menurut Sapir dapat memberikan sumbangan penting bagi psikologi gestalt dan sebaliknya, psikologi gestalt dapat memberikan sumbangan bagi linguistik.

Pada awal abad ke20, Bloomfield, seorang linguis dari Amerika Serikat dipengaruhi oleh dua buah aliran psikologi yang bertentangan dalam menganalisis bahasa. Pada mulanya, ia sangat dipengaruhi oleh psikologi mentalisme dan kemudian beralih pada psikologi behaviorisme. Karena pengaruh mentalisme,

Bloomfield berpendapat bahwa bahasa itu merupakan ekspresi pengalaman yang lahir karena tekanan emosi yang yang sangat kuat. Karena tekanan emosi yang kuat itu, misaInya, munculnya kalimat seruan.

Misalnya:

Aduh, sakit, Bu!

Kebakaran, kebakaran, tolong, tolong!

Copet, copet!

Awas, minggir!

Karena seseorang ingin berkomunikasi, muncullah kalimatkalimat deklaratif. Misalnya: Ibu sedang sakit hari ini. Ayah sekarang membantu ibu di dapur. Banyak karyawan bank yang terkena PHK. Para buruh sekarang sedang berunjuk rasa.
Karena keinginan berkomunikasi itu bertukar menjadi pemakaian komunikasi yang sebenarnya, maka mucullah kalimat yang berbentuk pertanyaan.

Misalnya: Apakah Ibu sakit?
Siapakah presiden keempat Republik Indonesia?

Mengapa rakyat Indonesia telah berubah menjadi rakyat yang mudah marah? Apa arti likuidasi?

Tahukah Anda makna lengser keprabon?

Sejak tahun 1925, Bloomfield meninggalkan mentalisme dan mulai menggunakan behaviorisme dan menerapkannya ke dalam teori bahasanya yang sekarang terkenal dengan nama linguistik struktural atau linguistik taksonomi.

Jespersen, seorang ahli linguistik Denmark terkenal telah menganalisis bahasa dari suclut panclang mentalisme dan yang seclikit berbau behaviorisme. Menurut jespersen, bahasa bukanlah sebuah entitas dalam pengertian satu benda seperti seekor anjing atau seekor kuda. Bahasa merupakan satu fungsi manusia sebagai simbol di dalam otak manusia yang melambangkan pikiran atau membangkitkan pikiran. Menurut Jespersen, berkomunikasi harus dilihat dari sudut perilaku (jadi, bersifat behavioris). Bahkan, satu kata pun dapat dibandingkan dengan satu kebiasaan tingkah laku, seperti halnya bila kita mengangkat topi.

Di samping ada tokohtokoh linguistik yang mencoba menggunakan psikologi dalam bekerja, sebaliknya ada ahli psikologi yang memanfaatkan atau mencoba menggunakan linguistik dalam bidang garapannya, yakni psikologi. John Dewey, misalnya, seorang ahli psikologi Amerika Serikat yang dikenal sebagai pelopor empirisme murni, telah mengkaji bahasa dan perkembangannya dengan cara menafsirkan analisis linguistik bahasa kanakkanak berdasarkan prinsipprinsip psikologi. Dewey menyarankan, misaInya, agar penggolongan psikologi katakata yang diucapkan anakanak dilakukan berdasaran arti katakata itu bagi anakanak dan bukan berdasarkan arti katakata itu menurut orang dewasa dengan bentuk tata bahasa orang dewasa. Dengan cara ini berdasarkan prinsipprinsip psikologi, akan dapat ditentukan perbandingan antara kata kerja bantu dan kata depan di satu pihak dan kata benda di pihak lain. Jadi, dengan demikian kita dapat menentukan kecenderungan pikiran (mental) anak yang dihubungkan dengan perbedaanperbedaan linguistik itu. Kajian seperti itu menurut Dewey akan memberikan bantuan yang besar bagi psikologi pada umumnya.

Wundt, seorang ahli psikologi Jerman yang terkenal sebagai pendukung teori apersepsi dalam psikologi menganggap bahwa bahasa itu sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran. Wundt merupakan ahli psikologi pertama yang mengembangkan teori mentalistik secara sistematis dan sekarang dianggap sebagai bapak psikolinguistik klasik. Menurut Wundt, bahasa pada mulanya lahir dalam bentuk gerakgerik yang dipakai untuk mengungkapkan perasaanperasaan yang sangat kuat secara tidak sadar. Kemudian terjadilah pertukaran antara unsurunsur perasaan itu dengan unsurunsur mentalitas atau akal. Komponen akal itu kemudian diatur oleh kesadaran menjadi alat pertukaran pikiran yang kemudian terwujud menjadi bahasa. Jadi, menurut Wundt, setiap bahasa terdiri atas ucapanucapan bunyi atau isyaratisyarat lain yang dapat dipahami menembus pancaindera yang diwujudkan oleh gerakan otot untuk menyampaikan keadaan batin, konsepkonsep, perasaanperasaan kepada orang lain. Menurut Wundt satu kalimat merupakan satu kejadian pikiran yang mengejawantah secara serentak. Jika kita perhatikan maka terdapat keselarasan antara teori evolusi Darwin dengan teori mentalisme bahasa Wundt itu.

Teori performansi bahasa yang dikembangkan Wundt itu didasarkan pada analisis psikologis yang dilakukannya yang terdiri atas dua aspek, yakni (1) fenomena fisis yang terdiri atas produksi dan persepsi bunyi, dan (2) fenomena batin yang terdiri atas rentetan pikiran. Jelaslah bahwa analisis Wundt terhadap hubungan fenomena batin dan fisis itu bagi psikologi pada umumnya bergantung pada fenomena linguistik. Itulah sebabnya Wundt berpendapat bahwa interaksi di antara fenomena batin dan fenomena fisis itu akan dapat dipahami dengan lebih baik melalui kajian struktur bahasa.

Titchener, seorang ahli psikologi berkebangsaan Inggris yang menjadi rakyat Amerika menggambarkan dan menyebarluaskan ide Wundt itu di Amerika Serikat yang kemudian terkenal dengan psikologi kesadaran atau psikologi introspeksi. Pengenalan dan penyebaran teori introspeksi itu kemudian telah mencetuskan satu revolusi psikologi di Amerika Serikat dengan berkembangnya teori behaviorisme di mana kesadaran telah disingkirkan dari psikologi dan dari kajian bahasa.

Pillsbury dan Meader, ahli psikologi mentalisme Amerika Serikat telah mencoba menganalisis bahasa dari sudut psikologi. Analisis kedua sarjana psikologi itu sangat baik ditinjau dari segi perkembangan neuropsikolinguistik dewasa ini. Menurut Pillsbury dan Meader bahasa adalah satu alat untuk menyampaikan pikiran, termasuk gagasan, dan perasaan. Mengenai perkembangan bahasa, Meader mengatakan bahwa manusia mulamula berpikir kemudian mengungkapkan pikirannya itu dengan katakata dan terjemahan. Untuk memahaminya, diperlukan pengetahuan tentang bagaimana katakata mewujudkan dirinya pada kesadaran seseorang, bagaimana katakata itu dihubungkan dengan ideide jenis lain yang bukan verbal, juga bagaimana ideide itu muncul dan terwujud dalam bentuk imajiimaji, bagaimana gerakan ucapan itu dipicu oleh ide itu dan akhirnya bagaimana pendengar atau pembaca menerjemahkan katakata yang didengarnya atau katakata yang dilihatnya ke dalam pikirannya sendiri. Tampaklah dalam pola pikir Meader itu terdapat keselarasan antara tujuan psikologi mental dengan tujuan linguistik seperti yang dikembangkan oleh Chomsky.

Watson, seorang ahli psikologi behaviorisme Amerika Serikat telah menempatkan perilaku bahasa pada tingkatan yang sama dengan perilaku manusia yang lain. Dalam pandangan Watson, perilaku bahasa itu sama saja dengan sistem otot saraf yang berada dalam kepala, leher, dan bagian dada manusia. Tujuan utama Watson pada mulanya adalah menghubungkan perilaku bahasa yang implisit, yaitu pikiran dengan ucapan yang tersurat, yaitu bertutur. Akhirnya Watson menyelaraskan perilaku bahasa itu dengan kerangka respon yang dibiasakan menurut teori Pavlov. Menurut penyelarasan itu katakata telah diperlakukan sebagai pengganti benda-benda yang telah tersusun di dalam satu sisi respon yang dibiasakan.

Buhler seorang ahli psikologi dari Jerman mengatakan bahwa bahasa manusia mempunyai tiga fungsi, yaitu ekspresi, evokasi, dan representasi. la menganggap definisi bahasa yang diberikan Wundt agak berat sebelah. Menurut Buhler, ada lagi fungsi bahasa yang sangat berlainan yang tidak dapat dimasukkan ke dalam gerakan ekspresi, yaitu koordinasi atau penyelarasan. Jadi, satu nama dikoordinasikan (diselaraskan) dengan isi atau kandungan makna. Dengan demiikian Buhler mendefiniskan bahasa menurut fungsinya.

Weiss, seorang ahli psikologi behaviorisme Amerika yang terkenal dan sealiran dengan Watson, telah menggambarkan kerja sama yang erat antara psikologi dan linguistik. Hal tersebut dibuktikan dengan kontak media artikel antara Weiss dan Bloomfield serta Sapir. Weiss mengakui adanya aspek mental bahasa, tetapi karena aspek mental itu bersifat abstrak (tak wujud) sukarlah untuk dikaji atau didemontrasikan. Oleh sebab itu, Weiss menganggap bahwa bahasa itu sebagai wujud perilaku apabila seseorang itu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sosialnya. Sebagai suatu bentuk perilaku, bahasa itu memiliki ciriciri biologis, fisiologis, dan sosial. Sebagai alat ekspresi, bahasa itu memiliki tenaga mentalitas.

Weiss merupakan seorang tokoh yang merintis jalan ke arah lahirnya disiplin

Psikolinguistik. Dialah yang telah berjasa mengubah pikiran Bloomfield dari penganut mentalisme menjadi penganut behaviorisme dan menjadikan Linguistik Amerika pada tahun 50an berbau behaviorisme. Menurut Weiss, tugas seorang psikolinguis sebagai peneliti yang terlatih dalam dua disiplin ilmu, yakni psikologi dan linguistik, adalah sebagai berikut.

(1) Menjelaskan bagaimana perilaku bahasa menghasilkan satu alam pengganti untuk alam nyata yang secara praktis tidak dibatasi oleh waktu dan tempat.

(2)  Menunjukkan bagaimana perilaku bahasa itu mewujudkan sejenis organisasi sosial yang dapat ditandai sebagai sekumpulan organisasi kecil yang banyak.

(3) Menerangkan bagaimana menghasilkan satu bentuk organisasi dan di dalam organisasi itu pancaindera dan otototot seseorang dapat ditempatkan agar dapat dipakai dan dimanfaatkan oleh orang lain.

(4) Menjelaskan bagaimana perilaku bahasa menghasilkan satu bentuk perilaku yang menjadi fungsi setiap peristiwa di alam ini yang telah terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi, di masa depan.

Kantor, seorang ahli psikologi behaviorisme Amerika mencoba meyakinkan ahliahli linguistik di Amerika bahwa kajian bahasa tidaklah menjadi monopoli ahli Linguistik. la mencela keras beberapa ahli filologi yang selalu berteriak agar ahli psikologi keluar dari kajian bahasa yang menurut ahli filologi tersebut bukan bidang garapan ahli psikologi. Menurut Kantor, bahasa merupakan bidang garapan bersama yang dapat dikaji baik oleh ahli psikologi maupun oleh ahli bahasa. Kantor mengkritik psikologi mentalisme yang menurut dia psikologi semacam itu tidak mampu menyumbangkan apaapa kepada linguistik dalarn mengkaji bahasa. Bahasa tidak boleh dianggap sebagai alat untuk menyampaikan ide, keinginan, atau perasaan, dan bahasa bukanlah alat fisis untuk proses mental, melainkan perilaku seperti halnya perilaku manusia yang lain.

Caroll, seorang ahli psikologi Amerika Serikat yang sekarang merupakan salah satu tokoh psikolinguistik modern telah mencoba mengintegrasikan faktafakta yang ditemukan oleh linguistik murni seperti unit ucapan, keteraturan, kadar kejadian dengan teori psikologi pada tahun 40an. Kemudian ia mengembangkan teori simbolik, yakni teori yang mengatakan bahwa respon kebahasaan harus lebih dulu memainkan peranan dalam keadaan isyarat sehingga sesuatu menjelaskan sesuatu yang lain dengan perantaraan. Keadaan isyarat itu haruslah sedemikian rupa sehingga organisme dengan sengaja bermaksud agar organisme lain memberikan respon kepada isyarat itu sebagai satu isyarat. Dengan demikian, respon itu haruslah sesuatu yang dapat dilahirkan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh mekanismemekanisme.

Para ahli linguistik dan psikologi yang dibicarakan di atas telah mencoba merintis hubungan atau kerja sama antara psikologi dan linguistik. Sebenarnya kerja sama yang benarbenar terjadi antara ahli psikologi dan linguistik itu telah terjadi sejak tahun 1860, yaitu ketika Heyman Steinhal, seorang ahli psikologi bertukar menjadi ahli linguistik dan Moritz Lazarus seorang ahli linguistik bertukar menjadi ahli psikologi. Mereka berdua menerbitkan jurnal yang khusus memperbincangkan psikologi bahasa dari sudut psikologi dan linguistik. Steinhal mengatakan bahwa ilmu psikologi tidaklah mungkin hidup tanpa ilmu bahasa.

Pada tahun 1901, di Eropa, Albert Thumb seorang ahli linguisstik telah bekerja sama dengan seorang ahli psikologi Karl Marbe untuk menerbitkan buku yang kemudian dianggap sebagai buku psikolinguistik pertama yang diterbitkan, tentang penyelidikan eksperimental mengenai dasardasar psikologi pembentukan analogi pertuturan. Kedua sarjana itu menggunakan kaidahkaidah psikologi eksperimental untuk meneliti hipotesishipotesis linguistik. Hal itu menunjukkan kukuhnya disiplin psikolinguistik. Salah satu hipotesis yang mereka teliti kebenarannya adalah keadaan satu rangsangan kata yang cenderung berhubungan dengan satu kata lain apabila keduaduanya termasuk ke dalam kategori yang sama; kata benda berhubungan dengan kata benda yang lain; kata sifat berhubungan dengan kata sifat yang lain. Di Amerika Serikat usaha ke arah kerja sama secara langsung antara, ahli linguistik dan ahli psikologi dirintis oleh Social Science Researcb Council yang menganjurkan diadakannya seminar antara ahli psikologi dan linguistik secara bersamasama. Osgood (ahli psikologi), Sebeok (ahli linguistik) dan Caroll (ahli psikologi) mengadakan seminar bersamasama. Hasil dari seminar tersebut adalah terbitnya buku Psikolinguistik yang berjudul Psycholinguistic, a survey of theory and research problems pada tahun 1954 yang disunting olch Osgood dan Sebeok. Meskipun demikian, nama disiplin baru Psikolinguistik itu muncul bukan karena seminar itu, karena sebenarnya Pronko pada tahun 1946 telah memberikan ulasan tentang Psikolinguistik dengan teknikteknik penyelidikannya.

Psikolinguistik benarbenar dianggap sebagai disiplin baru, sebagai ilmu tersendiri pada tahun 1963, yaitu ketika Osgood menulis satu artikel dalam jurnal

American Psychology yang berjudul On understanding and creating sentences. Dalam tulisan itu, Osgood menjelaskan teori baru dalam behaviorisme yang dikenal dengan neobehaviorisme yang dikembangkan oleh Mowrer, yakni seorang ahli psikologi yang sangat berminat untuk mengkaji bahasa. Pandangan Osgood itu kemudian terkenal dengan teori mediasi, yaitu suatu usaha mengkaji peristiwa batin yang menengahi stimulus dan respon yang dianggap oleh Skinner sebagai usaha untuk memperkukuh peranan akal ke dalam psikologi yang oleh kaurn behaviorisme dianggap tidak ilmiah karena peristiwa itu tidak dapat diamati secara langsung.

Teori Osgood yang disebut sebagai teori mediasi itu telah dikritik habishabisan oleh Skinner yang menuduhnya sebagai pakar yang mencoba mempertahankan mentalisme yang sebelumnya telah disingkirkan oleh behaviorisme. Osgood merasakan kekuatan teorinya itu dengan dukungan Lenneberg, yang merupakan produk pertama mahasiswa yang digodok dalam kajian Psikolinguistik. Lenneberg berpenclapat bahwa manusia memiliki kecenderungan biologis yang khusus untuk memperoleh bahasa yang tidak dimiliki oleh hewan. Alasan Lenneberg untuk membuktikan hal tersebut adalah sebagai berikut:

(1)    terdapatnya pusatpusat yang khas dalam otak manusia;

(2)    perkembangan bahasa yang sama bagi semua bayi;

(3)    kesukaran  yang  dialami  untuk  menghambat  pertumbuhan  bahasa  pada manusia;

(4)    bahasa tidak mungkin diajarkan kepada makhluk lain;

(5)    bahasa itu memiliki kesemestaan bahasa (language universal).

Miller pada tahun 1965 memastikan bahwa kelahiran disiplin baru Psikolinguistik ticlak dapat dielakkan lagi. Menurut Miller, tugas Psikolinguistik adalah menguraikan proses psikologis yang terjadi apabila seseorang itu menggunakan kalimat. Pendapat Miller itu sangat berorientasi pada mentalisme Chomsky dan teori Lenneberg, sedangkan Osgood dan Sebeok masih berbau neobehaviorisme. Miller dengan tegas menolak pendapat Osgood clan Sebeok yang banyak mendasarkan pada prinsip mekanis pembelajaran menurut behaviorisme. Miller memperkenalkan teori linguistiknya Chomsky kepada pakar psikologi. Miller juga mengkritik pakar Psikologi yang terlalu mengandalkan kajian makna. Namun, perkembangan Psikolinguistik pada awal abad ke20 itu memang masih didominasi oleh Psikologi Behaviorisme maupun Neobehaviorisme.

Teori psikolinguistik secara radikal setidaktidaknya mengalami lima perubahan arah setelah berdiri sendiri sebagai disiplin ilmu tersendiri pada tahun 50-an (Titone, 1981). Perubahan itu dapat disarikan sebagai berikut.

Periode 1

Selama tahun 50-an teori Psikolinguistik dipengaruhi oleh pandangan teori behavioristik seperti yang dikembangkan Skinner dan teori taksonomi struktural seperti yang dikembangkan Bloomfield.

Periode 2

Selama tahun 60-an dan awal tahun 70-an pandangan mentalistik kognitivis dari transformasionalis seperti Chomsky mendominasi semua aspek Psikolinguistik.

Periode 3

Perubahan tekanan pada periode ini menuju ke arah pragmatik komunikatif. Aspek bahasa dalam lingkaran teori transformasional secara mendalam masih mempengaruhi teori Psikolinguistik dan juga pengajaran bahasa kedua pada tahun 70-an.

Periode 4

Pada akhir dekade terakhir pandangan Pragmatik atau Sosiolinguistik menjadi arus utama pada periode ini.

Periode 5

Pada tahun-tahun terakhir diusulkan model integratif yang terdiri atas komponen behavioral dan kognitif serta ciri kepribadian.



0 comments:

Post a Comment

Walkthrough Bahasa Indonesia. Powered by Blogger.